RSS

SEPUTAR BALE' BARUDAK


Apa sih Bale' Barudak itu ?

Bale’ Barudak adalah tempat berkumpul anak-anak untuk melakukan aktifitas yang bersifat edukatif, apresiatif, kreatif, dan rekreatif. Di tempat ini anak-anak bisa belajar sambil bermain dan berkreasi, berekspresi dan berapresiasi melalui pendekatan “Belajar dengan seni”, “Belajar melalui seni”, dan “Belajar tentang seni”. Jadi, Bale' Barudak itu sebagai "Kids Art Center".

Kenapa diberi nama Bale’ Barudak ?

Nama Bale’ Barudak ini diambil dari bahasa Sunda. Bale’ artinya tempat berkumpul, sedangkan Barudak artinya anak –anak. Kalo kita uraikan Barudak nya itu sendiri, maka 
Ba ---> Basajan
Ru ---> Rupa
Dak--> Dadakan
Jadi, Bale' Barudak adalah tempat berkumpulnya anak - anak untuk berekspresi dan berkreasi dengan bentuk-bentuk sederhana yang dikerjakan pada saat itu juga. Anak-anak diberikan kesempatan untuk mengapresiasi karya mereka untuk menumbuh kembangkan apresiasi sejak usia dini. :)

Ada apa saja di Bale' Barudak ini ?

Sebagai tempat belajar, bermain dan berkreasi..Bale' Barudak ini juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan itu. Diantaranya ada :
  1. Sanggar Lukis
  2. Galeri 
  3. Saung Barudak
  4. Bacaan Barudak
  5. Leuit Barudak
  6. Sawah
  7. Kolam
  8. Kebun dan masih banyak lagi :)
Anak - anak yang ada di sini pasti akan merasakan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan !
Di tempat ini juga biasa diadakan pameran, seminar, workshop, kegiatan lomba-lomba seni, juga ada bimbingan dan belajar melukis anak-anak, dan konsultasi tentang dunia seni anak.

Tujuan didirikannya Bale' Barudak itu apa sih ?

  • Untuk mengenalkan dunia lukis anak karya Salsabila kepada anak-anak, praktisi pendidikan dan masyarakat luas.
  • Mengenalkan seni budaya Sunda, nusantara dan mancanegara.
  • Meningkatkan kreasi dan apresiasi tentang dunia seni lukis anak.
  • Menumbuh kembangkan bakat anak melalui kreasi seni dan budaya.
  • Membentuk aspek mental anak secara simultan.

Tunggu, Salsabila itu siapa ?

Nah, Salsabila ini adalah seorang gadis kecil yang mempunyai peranan penting di Bale' Barudak ini. Salsa, panggilan akrabnya adalah pelukis tunggal di Bale' Barudak yang sudah mempunyai lukisan sebanyak 3300 sampai saat ini. Semua lukisan yang ada di Galeri Barudak ini adalah hasil dari tangan Salsa sendiri. Hebat kan ? :D
Salsa mulai dikenalkan dengan dunia seni lukis pada saat usia 3 tahun di lingkungan keluarga yang juga berdarah seni.


Kalo mau berkunjung, mesti kemana nih ?

Bale' Barudak ini ada di :
Jl. Letda T. Asmit no. 18
Kel. Nanggeleng Kec. Citamiang Rt. 04 Rw. 05
Kota Sukabumi


Semoga keberadaan sanggar dan galeri Bale' Barudak ini dapat menjadi aset seni dan budaya Sukabumi sebagai sarana berapresiasi, berekspresi dan berkreasi bagi anak-anak di Sukabumi sehingga masyarakat akan menyadari dan memahami pentingnya sanggar dan galeri seni sebagai tempat untuk aktifitas anak yang mendidik, karena anak adalah investasi yang paling besar untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang.


1 komentar:

setia sukmana mengatakan...

baguslah kang....mudah"dg adanya bale barudak ini....anak" kita mengenanl...permainan,peralatan..jaman kita dulu...makasih kang maju terus

Poskan Komentar